Tuesday 13 November 2012

Apa Itu Dewa dalam Mitologi 'Sesungguhnya'?

Jujur ni ye, saya hanya menulis pendapat dan hasil pemikiran saya, pliisss jangan nge-blame, nge-flame saya ye





Langsung aja...



Berdasarkan pendapat saya, yang pertama:
  • Dewa dewi dalam mitologi itu kemungkinan adalah orang - orang yang mempunyai kelebihan (Kelebihan yang saya maksudkan disini adalah lebih kelebihan harta, rupa (ganteng or cantik), kepintaran, keahlian, kekuatan, kecerdasan, etc.).

Alasan: karena pola pikir orang - orang pada saat itu masih 'simple', dan cenderung lebih mengagung - agungkan dan memuja orang yang mempunyai kelebihan yang saya maksudkan di atas. Sehingga mereka memberi julukan 'dewa' (buat yang cowok) dan 'dewi' (buat yang cewek) kepada mereka yang mempunyai kelebihan (bukan kelebihan berat badan ye). Misal, dewa dewi Yunani tinggal di gunung Olympus dan mereka mungkin sebenarnya adalah keluarga kerajaan dan masyarakatnya sangat memuja - muja mereka.

Yang kedua:
  • Dewa dewi dalam mitologi itu kemungkinan hanyalah karakter - karakter fiksi atau hasil imajinasi yang pengarang/penyair/pujangga zaman dulu. (kalo pendapat yang ini khusus buat mitologi Yunani dan sekitarnya)
Alasan: karena mitologi - mitologi tentang dewa dewi itu bersumber dari karangan, puisi, dsb.... Misal, mitologi Yunani ada yang diambil dari Iliad dan Odyssey karya Homer.

Dan lagi, saya butuh jawaban dan pendapat - pendapat kalian tentang hal ini. Silahkan dibantah atau ditambahkan...

No comments :

Post a Comment